Rabu, 01 Juni 2016

Mengenal SQLite



Pada kesempatan kali ni saya akan sedikit menjelaskan tentang database yang sering digunakan di Android dan tema utamanya adalah Mengenal SQLite.

APA ITU SQLITE ?

SQLite merupakan database yang masuk ke dalam kategori RDBMS (Relational Database Management System) yang dibuat menggunakan library pemrograman C. SQLite bukanlah database client-server seperti MySQL atau SQLServer namun jika kita bandingkan SQLite lebih mirip database Microsoft Access dimana database ini dapat dijadikan sebagai embedded resource pada program yang kita buat. Biasanya database SQLite ini sering digunakan di Android untuk menyimpan data/informasi/konfigurasi dari program yang kita buat. SQLite termasuk kedalam salah satu Embadded database yang populer untuk media penyimpanan local/client dalam perangkat lunak aplikasi seperti web browser. Bisa dibilang bahwa SQLite merupakan database yang paling banyak digunakan saat ini, seperti yang digunakan di beberapa browser, sistem operasi seperti Android dan embadedd system.Tidak seperti sistem manajemen database client-server, SQLite engine tidak memiliki proses mandiri dengan program aplikasi. Sebaliknya, library SQLite saling terkait dengan demikian menjadi bagian integral dari program aplikasi. library ini juga dapat dipanggil secara dinamis. Program aplikasi menggunakan fungsi SQLite melalui panggilan fungsi sederhana, yang mengurangi latency di akses database: fungsi panggilan dalam proses tunggal yang lebih efisien daripada komunikasi antar–proses. SQLite menyimpan seluruh database (definisi, tabel, indeks, dan data itu sendiri) sebagai file cross-platform tunggalpada mesin host. Menerapkan desain yang sederhana ini dengan mengunci seluruh file database saat menulis. operasi pembacaan pada database SQLite dapat dilakukan secara multitasking, meskipun saat menulis hanya dapat dilakukan secara berurutan.

SQLite menggunakan PostgreSQL sebagai platform referensi. . “Apa fungsi PostgreSQL ?” PostgreSQL digunakan untuk memahami standar SQL. Salah satu perbedaan utama ada pada kunci primer, SQLite tidak melakukan pemeriksaan tulisan.

SQLite selalu diuji sebelum dirilis. Sebagian besar kode sumber SQLite dikhususkan murni untuk pengujian dan verifikasi. Bahkan dengan semua pengujian tersebut, masih terdapat bug. Tapi tidak seperti beberapa proyek serupa (terutama pesaing komersial) SQLiteterbuka dan jujur tentang semua bug dan memberikan daftar bug dan menit–demi-menitkronologi laporan bug dan perubahan kode.

Kode SQLite didukung oleh sebuah tim internasional dari developer yang bekerja padaSQLite full-time. Para developer terus memperluas kemampuan SQLite dan meningkatkankehandalan dan kinerja namun menjaga kompatibilitas dengan spesifikasi antarmuka,sintaks SQL, dan format file database. Kode sumber benar-benar gratis untuk siapa saja yang menginginkannya, dan dukungan profesional juga tersedia.