Minggu, 20 Desember 2015

10 Mitos Dan Fakta Tentang Faksin


Beberapa vaksin mengandung merkuri


Thimerosal, pengawet yang mengandung sekitar 50% merkuri, mencegah kontaminasi oleh bakteri. Hal ini dapat ditemukan di sebagian besar suntikan flu, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Namun, sejak tahun 2001, thimerosal tidak diberikan dalam vaksin rutin untuk anak-anak kuran dari 6 tahun. Dan, kedua vaksinasi flu dan beberapa vaksin untuk orang dewasa dan anak-anak yang lebih tua dapat ditemukan dalam thimerosal.







Vaksin menyebabkan autisme

Sebuah studi kecil pada tahun 1998 oleh Andrew Wakefield mengaku menemukan hubungan antara campak, gondok, dan rubella (MMR) dan autisme, menyebabkan kepanikan yang menurunkan tingkat imunisasi.

Sejak itu, penelitian telah dianggap cacat, dan sudah ditarik kembali oleh jurnal yang diterbitkan. Pada tahun 2004, Institute of Medicine merilis sebuah laporan yang tidak menemukan bukti ilmiah dari hubungan antara vaksin MMR dan autisme. Pada bulan September 2010, CDC menerbitkan hasil yang sama.

"Ini lebih berisiko bagi anak Anda untuk tidak divaksinasi," kata Carrie Nelson, MD, ketua Komisi Kesehatan Masyarakat dan Ilmu untuk American Academy of Family Physicians.


Vaksin dapat memiliki efek samping

Vaksin tidak bebas risiko. Efek samping yang paling umum adalah rasa sakit di tempat suntikan dan demam, yang sebaiknya diobati dengan acetaminophen atau ibuprofen. Umumnya adalah kejang (didefinisikan sebagai "menyentak atau menatap"), dan risiko bervariasi tergantung pada vaksin. Misalnya, 1 dari 14.000 anak menderita kejang setelah menerima suntikan DTaP.

Beberapa anak-anak memiliki risiko lebih tinggi terkena efek samping dari yang lain. Dalam kasus ini, mungkin yang terbaik adalah melanjutkan dengan hati-hati atau melewatkannya, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit


Vaksin menjamin perlindungan

Vaksin tidak menjamin 100% Anda tidak akan sakit. Tapi vaksin sangat membantu untuk mencegah.

Mengambil vaksin flu; Anda mungkin masih terkena flu jika Anda mendapatkan suntikan, tetapi cenderung kurang parah. Atau, mengambil vaksin cacar air. Dr Brown mengatakan cara tersebut 80% efektif untuk mencegah infeksi dan 100% efektif dalam melindungi terhadap penyakit serius.

Untuk perlindungan terbaik, para ahli mengandalkan "kekebalan kawanan" -semakin banyak orang yang divaksinasi dalam sebuah populasi, lebih besar kemungkinan untuk melindungi semua orang, termasuk orang-orang yang tidak bisa mendapatkan suntikan karena usia, kesehatan, atau alasan agama.


Terlalu banyak suntikan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh

Dr Brown mengatakan justru sebaliknya. "Setiap dosis memungkinkan untuk meningkatkan respon kekebalan tubuh dan membuat pertahanan [antibodi] sehingga tubuh dapat melawan infeksi," katanya.

Anak-anak diberikan beberapa vaksinasi sekaligus untuk memberikan perlindungan sedini mungkin. Kedua Komite Penasehat Praktek Imunisasi dan American Academy of Pediatrics merekomendasikan bahwa vaksinasi diberikan kepada anak-anak secara bersamaan di saat yang tepat.




Vaksin hanya untuk anak-anak

Ada banyak vaksin yang dapat membantu menjaga kesehatan remaja dan orang dewasa, baik tua maupun muda. Yang paling jelas adalah vaksinasi flu, yang diberikan setiap tahun.

Mahasiswa harus mendapatkan vaksin meningitis sebelum tinggal di asrama, dan orang dewasa lanjut usia bisa mendapatkan keuntungan dari vaksin pneumonia.

Orang dewasa juga perlu penguat untuk tetanus dan pertusis. Anak-anak tidak diimunisasi pertusis sampai usia 4 tahun, Dr. Nelson mengatakan; bayi kecil beresiko tinggi, dan pertusis dapat ditularkan ke bayi oleh orang dewasa dengan memudarnya kekebalan.



Suntik HPV hanya untuk anak perempuan

Ada dua vaksin HPV: Cervarix, untuk anak perempuan dan wanita 10 sampai 25 tahun, dan Gardasil, untuk perempuan 9 sampai 26 tahun. Namun Gardasil juga dapat diberikan kepada anak laki-laki dan laki-laki antara usia 9 sampai 26 tahun, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Gardasil melindungi terhadap tipe 6 dan 11 dari human papillomavirus.

Dr Nelson mengatakan ia merekomendasikan tembakan HPV untuk pasien, katanya, anak perempuan pasti menerima lebih sering daripada anak laki-laki.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, sekitar 500.000 kasus genital warts terjadi setiap tahun di Amerika Serikat.


Wanita hamil tidak boleh mendapatkan vaksin

Nah, untuk hal ini sebagian benar. Menurut American Academy of Family Physicians, wanita hamil tidak boleh diberikan vaksin untuk varicella (cacar air) atau MMR.

Tapi vaksin flu tidak aktif aman dan bahkan dianjurkan untuk ibu hamil, Dr Brown mengatakan. Selama kehamilan, sistem kekebalan tubuh perempuan terganggu, membuat mereka lebih rentan terhadap infeksi.

Tetapi banyak yang tidak mendapatkan vaksinasi flu; Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mengatakan bahwa, pada perkiraan terakhir, hanya 11% dari wanita hamil punya satu. Dr Brown mengatakan suntikan memicu produksi antibodi ibu, melindungi bayinya melalui enam bulan pertama kehidupan.


Kekebalan alami lebih baik

Dr Nelson mengatakan infeksi kurang lebih seperti vaksin digunakan untuk memicu kekebalan tubuh. (Terkecuali adalah flu, perubahan strain setiap tahun.).

Masalah dengan kekebalan alami adalah risiko komplikasi. Cacar air dapat menyebabkan ensefalitis, pneumonia, atau, jika anak-anak menggaruk terlalu banyak, infeksi kulit seperti MRSA. Infeksi polio dapat menyebabkan kelumpuhan permanen; gondok, tuli; dan Haemophilus influenzae tipe b (Hib), kerusakan otak.

"Itu adalah risiko yang akan didapatkan jika orang-orang menunda untuk mengambil vaksin," kata Dr Nelson.


Vaksin tidak diperlukan karena penyakit telah diberantas

Satu-satunya penyakit menular yang telah diberantas di seluruh dunia adalah cacar, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Bahkan saat ini ada wabah kondisi seperti campak, gondok, dan pertusis.

Vaksin dapat melindungi Anda ketika Anda di sekitar mereka yang tidak divaksinasi, baik di Amerika Serikat atau di tempat lain. Menurut WHO, kurang dari 95% orang di banyak bagian Eropa Barat menerima vaksin, dan di sanalah 82% kasus campak terjadi pada tahun 2009.