Selasa, 05 Januari 2016

Menginstall PHPManager Di Windows 10

IIS (internet Information Services) merupakan salah satu Web Server yang berjalan di windows yang dibuat oleh Microsoft. IIS mendukung HTTP, HTTPS,  FTP, FTPS, SMTP dan NNTP. Biasanya IIS ini sudah terdapat pada beberapa PC/Laptop yang memiliki sistem operasi windows namun ada kemungkinan tidak ada pada sistem operasi XP. 
Pada Windows 10 terkadang ada masalah saat penginstallan beberapa komponen IIS terutama jika kita ingin menggunakan IIS untuk menginstall web atau CMS berbasis PHP. Karena pada awalnya memang IIS dibuat untuk ASP (Active Server Pages) sehingga kita perlu menginstall komponen pihak ketiga untuk dapat menggunakan PHP di IIS. Salah satu komponen yang banyak digunakan oleh para programmer dan developer adalah PHPManager, namun sayangnya terdapat masalah jika kita ingin menginstall PHPManager di Windows 10. Namun tenang disini saya akan memberikan solusi terhadap masalah tersebut.
Masalah yang sering muncul pada saat ingin menginstall PHPManager biasanya seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut :


Biasanya pada Windows 10 sudah terdapat IIS 10 Express. Untuk Anda yang hanya memiliki IIS Express terinstall pada Windows 10 Anda, ini merupakan hal yang mungkin sangat wajar. IIS Express merupakan versi ringan dari IIS sehingga ada kemungkinan ada beberapa komponen yang tidak tersedia di IIS Express namun tersedia di IIS.

Lalu bagaimana cara menginstallnya ? terdapat beberapa cara, namun disini saya akan memberikan cara yang menurut saya paling mudah, kita tidak perlu uninstall IIS Express dan menginstall ulang IIS 7, disini kita hanya perlu bermain dengan registry windows. Pertama buka regitry editor kemudian cari HKEY_LOCAL_MACHINE/System/ControlCurrentSet/Services/W3SVC/Parameters/MajorVersion kemudian ubah angka 10 menjadi 7 atau 8. Perhatikan gambar berikut.

Setelah merubah regisry tersebut Anda dapat menginstall PHPManager melalui IIS Manager atau menggunakan intaller, untuk installernya dapat Anda download disini untuk PHPManager 64bit dan disini untuk 32bit.